Cari Blog Ini

Kamis, 23 Desember 2010

Teleskop Senilai Rp 2,4 Triliun Terkubur di Bawah Kutub Selatan




Siapa sangka ada sebuah teleskop bernilai US$ 271 juta atau sekitar Rp 2,4 triliun yang terkubur di bawah kutub selatan. Teleskop itu berada di dalam IceCube Neutrino Observatory dan dibangun lebih dari satu dekade lalu.

Teleskop besar itu terletak 1.400 meter di bawah tanah dan dioperasikan oleh University of Wisconsin-Madison dan National Science Foundation, dengan dana patungan dari Amerika Serikat, Belgia, Jerman, dan Swedia. 

Peneliti dari Barbados, Kanada, Jepang, Selandia Baru, Swiss dan Inggris menggunakan teleskop ini untuk menemukan partikel energi yang sangat besar atau subatom neutrino yang berasal dari ledakan supernova, ledakan sinar gamma dan lubang hitam.

Observatorium IceCube ini dirancang untuk mendeteksi cahaya biru, atau biasa disebut radiasi Cherenkov yang muncul dari reaksi neutrino individu ketika menabrak atom es. Menurut tim Observatorium IceCube, dipilihnya kutub selatan sebagai tempat membangun teleskop supaya peneliti dapat meminimalkan resiko distorsi terhadap hasil eksperimen.

Untuk membangun sebuah observatorium raksasa di bawah gunung es, para ilmuwan dari University of Wisconsin awalnya membuat bor air panas yang mampu menembus 1,2 mil lapisan es dari Antartika. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOTAK KOMENTAR

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...