Cari Blog Ini

Jumat, 17 Desember 2010

Amerika dan Asia Kalahkan Eropa soal Internet

Jumlah pelanggan fixed broadband, internet kecepatan tinggi menggunakan kabel, di seluruh dunia akan meningkat menjadi 501 juta pada akhir 2014. Dari jumlah tersebut, sekitar 106 juta orang akan terdaftar ke layanan yang dihantarkan lewat jaringan serat optik.

Seperti VIVAnews kutip dari PC Advisor, 9 Februari 2010, pada akhir 2009, broadband serat optik dipakai oleh 44 juta orang. Di tahun tersebut, Eropa Barat hanya memiliki sekitar dua juta pelanggan broadband serat optik.




















Penetrasi ini sangat rendah dibanding Amerika Utara dan Asia Pasifik meski negara-negara Eropa Barat berencana untuk mengakselerasi penetrasi broadband serat optik mereka.

Wilayah Asia Pasifik sendiri memiliki penetrasi broadband tertinggi di dunia, disusul Amerika Utara. Asia Pasifik mewakili 84 persen pengguna broadband serat optik dari pengguna di seluruh negara.

Adapun Korea Selatan dan Jepang merupakan negara dengan penetrasi broadband serat optik tertinggi. Dari sisi operator broadband serat optik dengan jumlah pelanggan terbesar adalah NTT dari Jepang, dengan sekitar 12 juta pelanggan.

Menurut penelitian ABI Research, di tahun 2009, jumlah pelanggan broadband berbasis kabel mencapai 422 juta pengguna. Naik 9 persen dibanding tahun 2008.

Menurut Seren Fong, penetrasi broadband terus meningkat sejak provider menawarkan layanan triple-play dan menurunkan harga akses.

Di antara tiga teknologi broadband, 65 persen pelanggan fixed broadband terdaftar ke DSL, 25 persen pengguna kabel, dan 11 persen ke layanan broadband serat optik. Jumlah pelanggan broadband serat optik meningkat cepat dengan pertumbuhan tahunan 20 persen dari 2008 hingga 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOTAK KOMENTAR

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...