Cari Blog Ini

Kamis, 30 Desember 2010

Runtuhnya Peradaban Suku Maya

Jatuhnya Peradaban Suku Maya

Kota-kota besar telah ditelan oleh hutan, dan kebijaksanaan Maya dan pengetahuan hilang kepada umat manusia selama berabad-abad. Apa yang diturunkan masyarakat yang berkembang ini, yang telah selamat dan makmur selama ribuan tahun?

Reruntuhan Maya

Reruntuhan Maya, Tical tersembunyi jauh di dalam hutan hujan Guatemala. Hanya terdapat beberapa kuil dan istana. Plaza besar tertutup dalam lumut dan waduk raksasa yang ditelan oleh hutan. Penghuninya hanya binatang liar dan burung.



    

Tetapi 1.200 tahun yang lalu, Tikal adalah salah satu kota utama dari peradaban Maya yang luas dan megah yang membentang dari selatan Meksiko, Belize dan Guatemala. Tikal adalah rumah bagi mungkin 100.000 orang. Lahan pertanian membentang sejauh mata memandang.


Maya berhasil selama hampir 2.000 tahun. Tanpa menggunakan kereta dorong atau logam, mereka membangun struktur bangunan batu yang besar. Mereka berhasil melacak waktu setahun matahari adalah 365 hari dan salah satu dari beberapa buku yang ditemukan berisi tabel gerhana. Dari observatorium, seperti yang di Chichen Itza, mereka berhasil menemukan Venus.




Chichen Itza, El Caracol and Castillo from Nunnery.
(Photo Copyright © Clive Ruggles, University of Leicester )


Chichen Itza, Observatory (El Caracol) from NW


El Castillo, Chichen Itza.


Mungkin dokumen yang terbaik adalah Dresden Codex. Ini adalah laporan lengkap dari pengamatan astronomi dari suku Maya. Suku Maya berusaha untuk memahami siklus berulang dari gerakan bulan dan planet-planet, dan dengan demikian untuk dapat memprediksi kapan badan ini akan berada di tempat-tempat tertentu di langit di masa depan. Untuk memungkinkan prediksi tersebut, Maya juga mengembangkan sistem nomor canggih, basis 20 (dibandingkan dengan sistem basis kami 10). Pengamatan mereka digunakan oleh imam mereka untuk menunjukkan ke penguasa meso-Amerika yang menguntungkan untuk berbagai tindakan. Dresden Codex berisi :
  • Tabel Gerhana yang memprediksi saat-saat ketika gerhana dapat terjadi.
  • Tabel Venus yang memprediksi saat-saat Venus muncul sebagai bintang pagi dan penampakan lain dari planet ini.
  • Tabel Mars yang mencatat waktu ketika Mars masuk ke dalam gerak retrograde. Sebuah tabel kedua Mars yang melacak gerakan planet di sepanjang ekliptika yang baru-baru ini telah diidentifikasi.
Mereka mengembangkan matematika mereka sendiri, menggunakan nomer dasar 20, dan memiliki konsep nol. Mereka juga memiliki sistem penulisan mereka sendiri. Peradaban mereka begitu stabil dan mapan, mereka bahkan memiliki sebuah kata untuk jangka waktu 400 tahun.









Masyarakat Maya itu giat, tetapi juga bisa brutal. Itu sangat hirarkis dan sangat spiritual. Manusia dikorbankan untuk menenangkan para dewa. Para penguasa juga menyiksa diri sendiri - penguasa laki-laki Maya  mengupas sedikit kulit penis mereka dan untuk perempuannya,  lidah mereka, tampaknya dengan harapan memberikan makanan bagi para dewa yang memerlukan darah manusia.

Pada abad kesembilan, dunia Maya terbalik. Banyak pusat-pusat besar seperti Tikal sepi. Kuil suci dan istana menjadi rumah bagi beberapa penghuni liar, yang meninggalkan sampah rumah tangga di bangunan ini. Ketika mereka juga pergi, Tikal ditinggalkan selamanya, dan peradaban Maya tidak pernah ditemukan. Hanya sebagian kecil dari orang-orang Maya selamat menghadapi penjajah Spanyol pada abad 16.

Selama beberapa dekade, para arkeolog telah mencari untuk penjelasan keruntuhan Maya. Banyak teori telah diajukan, mulai dari perang dan invasi untuk migrasi, penyakit dan pertanian. Tapi tak satu pun dari teori konvensional sudah cukup baik untuk Dick Gill. Dia percaya bahwa apa yang telah menghancurkan Maya adalah kekeringan. Namun, kekeringan sebagai satu-satunya penjelasan dari runtuhnya Maya juga sangat kontroversial.




Kekeringan Hebat

Dick Gill adalah orang yang paling tidak biasa yang mengajukan sebuah teori baru yang menjelaskan runtuhnya peradaban Maya. Ketika ia mulai berburu petunjuk, dia sebenarnya adalah seorang bankir.

Hubungan asmaranya dengan Maya dimulai kembali pada tahun 1968 ketika ia mengunjungi Chichen Itza di Meksiko Selatan saat liburan. Reruntuhan Maya, katanya, benar-benar menyentuhnya. Dia memutuskan untuk memecahkan teka-teki runtuhnya Maya.

Pada awal 1980-an, terjadi krisis perbankan di Texas. Bank milik keluarganya runtuh, dan Gill tiba-tiba keluar dari kerja dan bebas untuk mengikuti mimpinya. Ia pergi ke perguruan tinggi untuk belajar antropologi dan arkeologi.

Teori yang diungkapkannya tentang runtuhnya peradapan Maya itu adalah penjelasan yang tidak berasal dari buku dan studi, tetapi langsung dari masa kanak-kanak sendiri. Gill ingat kekeringan dahsyat di Texas tahun 1950-an, ketika lahan pertanian telah kering dan kebakaran mengamuk.

'Penyelidikannya membawanya ke suatu kesimpulan dramatis - bahwa peradaban Maya terdiri dari jutaan orang yang telah meninggal dengan sangat tiba-tiba."

Dia merasa yakin Maya telah menghadapi kekeringan besar, tetapi ia tidak memiliki bukti untuk mendukung teori nya - sehingga ia berangkat untuk mencari petunjuk. Salah satu orang pertama yang ia ajak adalah arkeolog Dr Fred Valdez.

Valdez, dari University of Texas, bekerja jauh di dalam hutan Belize. Dia menghitung lahan pertanian Maya untuk memperkirakan jumlah penduduk. Dan penyelidikannya membuahkan kesimpulan dramatis - bahwa peradaban Maya terdiri dari jutaan orang yang telah meninggal sangat mendadak. Gill tahu beberapa faktor yang dapat menjelaskan ini - tetapi salah satu dari mereka adalah kekeringan.

Di mata Gill, ini memperkuat teorinya, namun ia masih membutuhkan bukti langsung. Catatan Nasional yang dirilis di Mexico City mengungkapkan bahwa, pada awal abad ke-20, kekeringan di wilayah Maya telah berlangsung tiga tahun. Inilah bukti bahwa kekeringan bisa, pada kenyataannya, terjadi di wilayah ini.

Dia kemudian menemukan dokumen yang lebih tua, catatan kolonial dari pemerintah Spanyol di provinsi Yucatan Meksiko, mengatakan kekeringan berulang. 'Saya menemukan permohonan ini untuk membantu', katanya. 'Tanaman sudah sangat buruk pada tahun 1795 - mereka kehabisan gandum dan mereka takut bahwa kematian yang mengerikan yang mereka lihat begitu sering di masa lalu akan terulang lagi, sehingga mereka meminta bantuan."

Gill sekarang punya bukti kekeringan dahsyat di masa lalu, tetapi tidak pada abad kesembilan. Lalu ia menemukan sebuah kebetulan yang luar biasa. Dia mempelajari ratusan makalah tentang meteorologi sebelum ia menemukan satu makalh berjudul 'Dendrochronology, keseimbangan massa dan fluktuasi depan gletser di utara Swedia'.

Sudah sangat dingin di Eropa utara pada saat runtuhnya Maya, tapi apa mungkin bisa ada hubungannya? Gill kembali ke catatan meteorologi, dan menemukan bahwa salah satu sistem tekanan tinggi di utara Atlantik telah bergerak menuju Amerika Tengah pada awal abad ke-20. Ini adalah waktu dari kekeringan kedua di daerah Maya dan dingin yang ekstrim di Eropa bagian utara.

Bukti Konklusif

Meskipun bukti itu semakin kuat, Gill masih belum memiliki bukti langsung kekeringan di daerah Maya di abad kesembilan. Dia akhirnya mendapatkan bukti bahwa ketika sebuah tim dari University of Florida mengunjungi Danau Chichancanab di wilayah Yucatan Meksiko.

Para ilmuwan menemukan bahwa abad kesembilan adalah masa terkering di daerah ini selama 7.000 tahun.

Tim ini tertarik pada iklim masa lalu dan diukur mereka dengan mengambil inti lumpur dari dasar danau. Lumpur tersebut telah terbentuk selama ribuan tahun. Dan di bagian lumpur yang lebih dalam terdapat kerang dan biji-bijian.

Kembali di laboratorium mereka di Gainesville, mereka melihat kerang kecil dari setiap bagian inti, dan khususnya dua jenis oksigen terkunci di dalamnya - berat dan ringan.

Permukaan cangkang dari zaman curah hujan tinggi didominasi oleh oksigen cahaya. Lebih banyak oksigen berat, berarti air dalam danau itu menguap pada waktu itu. Sebuah inti dari abad kesembilan menunjukkan gelombang oksigen yang luar biasa berat, menandakan itu adalah waktu paling kering di wilayah itu untuk 7.000 tahun.

'Ada kepuasan tertentu yang saya akhirnya mengerti apa yang terjadi pada Maya, tetapi sebagai seorang manusia itu mengerikan untuk berpikir tentang apa yang terjadi', katanya.

sumber:http://www.world-mysteries.com/Fall_of_of%20Mayan_civilization.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOTAK KOMENTAR

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...