Cari Blog Ini

Sabtu, 18 Desember 2010

Galileo Galilei Temukan Neptunus 234 Tahun Lebih Awal




Ilmuwan dan Astronom kenamaan Italia, Galileo Galilei diperkirakan 234 tahun lebih awal menemukan planet Neptunus. 
Selama ini, informasi yang beredar menyebutkan planet ke delapan dalam sistem tata surya ditemukan oleh ahli matematika dan Astronom, Urbain Le Verrier, John Couch Adams dan Johann Galle pada 23 September 1846.

Menurut kepala departemen Fisika University of Melbourne School, Professor David Jamieson, Galileo telah melakukan observasi tentang Neptunus lebih awal, pada tahun 1612 hingga 1613. 

Jamieson mengungkapkan hal tersebut, setelah melakukan penelitian terhadap sejumlah dokumen dan catatan harian milik Galileo. Dalam catatannya, Galileo mengungkapkan tentang adanya sebuah bintang redup yang bergerak pada malam, tanggal 28 Januari 1613.

"Saya percaya, titik bintang redup yang diungkapkan Galileo adalah Neptunus, tapi ia tidak memberikan perhatian lebih pada titik itu karena ia mengganggapnya sebagai bintang," ujar Jamieson.

Jamieson mengatakan, Galileo mungkin saja telah membuat sebuah hipotesa awal tentang penemuan planet baru yang ia temukan saat melakukan observasi tentang Jupiter selama bulan Januari tahun 1613. 

"Jika itu benar maka, Galileo telah menemukan planet Neptunus, 234 tahun sebelum planet tersebut ditemukan secara resmi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOTAK KOMENTAR

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...